Welcome to Dianka's world. Be nice here. Thank you! +Follow | Dashboard
Diary Of Dianka
Myelin - Mobilisasi Intangibles
Sunday, March 5, 2017 Sunday, March 05, 2017 0 comments

Intelegensi selalu mendapat singgasana yang cukup bagi sebagian besar buku dan literatur. Padahal, ada bagian lain yang kehadirannya cukup penting walaupun kurang diperhatikan oleh khalayak. Namun, sejatinya sangat diperlukan bagi manusia. Yang apabila terus diasah, maka akan menjadi sebuah kekuatan tak terhingga.

Rhenald Kasali di dalam bukunya yang berjudul "Myelin : Mobilisasi Intangibles Menjadi Kekuatan Perubahan" telah membuktikan eksistensi myelin melalui riset, pengalaman, dan pengetahuan yang dimilikinya.

Myelin merupakan muscle memory yang terletak di seluruh jaringan otot manusia. Myelin tersebar merata dalam bentuk sistem syaraf pada otot-otot, yang memberi perintah dan menyimpan informasi. Ia merupakan sumber dari segala talenta yang dibentuk melalui deep practice. Semakin intens seseorang terlibat dalam tindakan atau latihan, semakin tebal myelin-nya dan semakin hebat ia bekerja.

Seringkali kita meremehkan kekuatan muscle memory dan hanya memberi perhatian lebih kepada brain memory. Padahal manusia yang hanya membangun pengetahuan melalui brain-nya hanya akan menjadi manusia formula. Sedangkan manusia yang hanya melakukan latihan akan bergerak reflektif, otomatif. Apabila keduanya digabungkan, maka akan menghasilkan gagasan-gagasan atau tindakan-tindakan kreatif tiada akhir, yang disebut keunggulan daya saing.




Buku ini merupakan jawaban bagi siapa pun yang ingin membangun myelin di dalam diri masing-masing agar terus bertumbuh, inovatif, dan tangguh. Myelin dapat berupa warisan genetika, namun dapat dibentuk melalui latihan.

Di sepanjang buku ini, disajikan banyak contoh, baik perseorangan maupun perusahaan yang tetap berkembang berkat kekuatan intangibles yang terus mereka asah.

Tidak seperti buku-buku lain yang pernah saya baca, buku karangan Rhenald Kasali selalu saja kaya dengan wawasan ilmu pengetahuan. Penjelasannya ringkas, transparan, dan mengubah sudut pandang.

Bagian pertama menjelaskan pentingnya pemahaman intangibles serta peranan intangibles dan myelin dalam memobilisasi kekuatan dan menciptakan keindahan. Terobosan, kepemimpinan, perubahan, dan kewirausahaan tidak hanya memerlukan otak (pengetahuan), tetapi juga membutuhkan gesture, action, body language, dan keterampilan.

Bagian kedua, lebih kepada upaya untuk membangun intangibles dengan melibatkan myelin. Dan untuk mendapatkan intangibles dibutuhkan lebih dari sekedar individual discipline. Ada pun intrepreneuring, knowledge management, value creation, dan disipln ekspansi. Mereka semua dibentuk secara konsisten dan terus-menerus.

Sedangkan pada bagian ketiga, membuka pemahaman pentingnya intangibles. Tidak hanya kepada individu melainkan efek luar biasa yang ditimbulkannya. Ketidakberadaannya intangibles pada suatu bangsa atau perusahaan akan mematikan tata nilai. 

Oleh karena itu, tugas kita sebagai manusia untuk mengembangkan keterampilan yang sudah ada dan membentuk keterampilan baru. Dan mewujudkan fondasi di dalam diri masing-masing agar myelin yang merupakan berkah dari Allah SWT dapat dioptimalkan.

Labels:


Librocubicularist



Hey , you're welcoming here . This is my official bloggie . All in this blog is Mine. Blog consists of daily rants like what I do and what I like. Totally boring, so I'd suggest you click the 'x' at the top right corner of your screen

Profile
Stuff



Gotcha!



Memories



Credits

This layout is best viewed in Google Chrome
Thanks to :

My Treasure

Cerpen
Catatan Pribadi
Desain
Kutipan
Misteri
Motivasi
Manajemen
Romansa
Untaian Kata