Welcome to Dianka's world. Be nice here. Thank you! +Follow | Dashboard
Diary Of Dianka
Filosofi Nama - Dian Kartika Sari
Friday, July 15, 2016 Friday, July 15, 2016 0 comments

Bagi Shakespeare yang berpendapat bahwa apalah arti sebuah nama, saya tidak sepenuhnya setuju. Karena di setiap nama yang diberikan oleh orangtua terdapat makna dan doa yang diselipkan di kala menantikan kelahiran diri kita di muka bumi ini. Saya pun mencoba mencari tau mengenai arti dari nama diri saya yaitu, Dian Kartika Sari.

Dian. Memiliki arti yaitu Pelita.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dian memiliki arti yaitu alat untuk menerangi (sesuatu) ; (lampu) kecil dengan bahan bakar minyak ; pelita. Nama Dian sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu lentera. Sebuah lampu yang menghasilkan cahaya dan diharapkan kelak akan memberikan cahaya di dalam gelap. Menurut KamusKBBI.Id, seorang yang memiliki nama Dian merupakan seorang yang berkeinginan keras.

Kartika berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti yaitu Bintang

Ada sebuah cerita menarik yang berkaitan dengan nama Kartika. Di dalam gugus rasi bintang terdapat tujuh bintang terang yang sering disebut sebagai Lintang Kartika. Dua kata yang memiliki makna sama, yaitu bintang. Penamaan itu menunjukkan pandangan istimewa orang Jawa terhadap gugu ini, yaitu "Bintangnya Bintang". Namun, dalam dunia barat lebih dikenal dengan nama Pleiades atau The Seven Sisters (karena memang bintang yang terlihat dari Bumi berjumlah tujuh buah).

Di Jawa, rasi Lintang Kartika ini di asosiasikan juga sebagai tujuh bidadari, yang direpresentasikan dalam tarian Bedhaya Ketawang di Keraton Mataram. Di wilayah Pantai Utara Jawa, rasi ini digunakan untuk menandakan waktu (kalender) dalam penanggalan Jawa.

Bagi bangsa-bangsa besar lain, Pleiades juga memberikan makna penting dalam kehidupan mereka. Bukan dalam makna riil seperti penunjuk arah atau penanda musim, tetapi lebih bermakna filosofis. Terlepas dari semua mitologi yang melingkupi, Bintang Tujuh Bidadari / Pleiades / Lintang kartika merupakan gugus terbuka (open cluster) yang berisi bintang-bintang biru terang yang masih dibalut kabut debu sisa materi pembentukannya. Menandakan bahwa gugus ini masih berumur muda, terbentuk sekitar 100 juta tahun lalu.

Sari. Memiliki arti yaitu, Inti.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sari memiliki arti yaitu inti atau pokok yang terpenting dari sesuatu (perkara, karangan, pembicaraan, dan sebagainya). Dalam bahasa Sunda, berarti indah. Namun, dapat pula memiliki arti sebagai bunga, sari (buah), atau puteri cantik. Menurut KamusKBBI.Id, karakteristik seseorang yang memiliki nama Sari adalah seorang yang menarik dan setia, dapat menebak perasaan orang dengan mudah, lembut, baik, pekerja keras, dan selalu diberkati.

Jadi, arti nama Dian Kartika Sari adalah bintang utama yang diharapkan mampu menerangi atau memberikan cahaya bagi orang-orang disekelilingnya :)

Labels:


Librocubicularist



Hey , you're welcoming here . This is my official bloggie . All in this blog is Mine. Blog consists of daily rants like what I do and what I like. Totally boring, so I'd suggest you click the 'x' at the top right corner of your screen

Profile
Stuff



Gotcha!



Memories



Credits

This layout is best viewed in Google Chrome
Thanks to :

My Treasure

Cerpen
Catatan Pribadi
Desain
Kutipan
Misteri
Motivasi
Manajemen
Romansa
Untaian Kata